Jumat, 14 Agustus 2009

G L O B A L I S A S I

Apa yang terjadi di kawasan Asia Pasifik dan Negara-negara ASEAN, khususnya mengenai perubahan-perubahan yang melanda dunia dan kehidupan umat manusia dewasa ini itulah yang disebut sebagai proses globalisasi yang telah menjadikan dunia tanpa batas.
Pada awal abad ke-17, perkembangan teknologi berkembang dengan cepat. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat sesuai dengan adanya perkembangan di tengah kemajuan dunia.
Proses globalisasi yaitu perubahan-perubahan yang melanda dunia dan kehidupan umat manusia dewasa ini.
Perubahan-perubahan yang terjadi dimulai dengan adanya dua perubahan besar, yaitu:
1. Pada penghujung tahun 1992 runtuhnya rezim komunis yang ditandai dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990 dan melunturnya paham komunis yang disertai lahirnya paham demokirasi.
2. Munculnya kekuatan ekonomi baru di Asia Timur yang sejalan dengan perkembangan dan perubahan dalam bidang teknologi merupakan tanda perubahan di bidang ekonomi dan politik
Pengaruh bagi perilaku manusia akibat dari Perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat diantaranya :
a. Meningkatnya taraf hidup rakyat.
b. Kualitas manusia makin tinggi
c. Meningkatkan kemampuan
d. Bertambahnya kreativitas.
e. Peka terhadap perubahan
f. Meningkatnya kepercayaan diri
g. Sanggup hidup mandiri.
Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan lingkungan antara lain:
a. Kemajuan teknologi.
Perkembangan yang dapat dirasakan dalam bidang teknologi, antara lain:
1. Bidang komunikasi / informasi
Contohnya lewat media cetak, media elektronika, HP dan yang lainnya.
peledakan bom di Bali yang menewaskan ratusan manusia yang terjadi pada tanggal 12 Oktober 2002, dalam waktu singkat dapat diketahui oleh masyarakat luas di luar pulau Jawa bahkan di seluruh dunia
2. Bidang transportasi
Seseorang tidak harus berlama-lama menunggu transportasi untuk mencapai tempat tujuan yang diinginkan karena selalu bisa dengan mudah menggunakan sepeda, kereta atau mobil yang kita miliki
3. Bidang industri
Pekerjaan-pekerjaan berat sudah dengan mudah dapat dilakuan karena tersedianya kebutuhan hidup manusia yang siap pakai, misalnya mesin cuci, alat memasak nasi yang kesemuanya dapat digunakan secara otomatis dengan hanya memencet tombol-tombol tertentu Itu semua merupakan bukti nyata adanya era globalisasi.


b. Pendidikan masyarakat
Pada umumnya masyarakat sekarang lebih giat dalam menimba ilmu karena pendidikan mampu untuk mengubah perilaku manusia dari masyarakat terbelakang (tradisional) menjadi masyarakat moderen yang memiliki pengetahuan.
c. Pertambahan penduduk yang cepat.

Contoh-contoh barang hasil produksi yang banyak dipakai dalam masyarakat sebagai hasil produksi modern, antara lain:
1. Barang-barang keperluan rumah tangga :
a. Mesin cuci
b. Telepon
c. Kipas angina
d. Televisi (TV)
e. Rice cooker (penanak nasi)
f. Blender
g. Kompor gas
h. Dan lain-lain
2. Barang-barang keperluan kantor :
a. Telepon
b. Komputer
c. Kalkulator (mesin hitung)
d. Pendingin udara (AC)
e. Penghisap debu
f. Mesin foto copy
g. Dan lain-lain
3. Barang-barang produksi modern yang terdapat di sekitar lingkungan:
a. Mobil
b. Sepeda motor
c. Telepon
d. Traktor
e. Hand Phone (HP)
f. Dan lain-lain.
g.
BUKTI GLOBALISASI DI MASYARAKAT
Perubahan-perubahan dan perkembangan zaman dan teknologi pengetahuan berpengaruh dalam masyarakat. Ada beberapa bukti yang dapat menguatkan pernyataan di atas, antara lain :
a. Periklanan
Setiap industri berupaya menarik minat masyarakat untuk membeli barang-barang yang dihasilkan Industri-industri yang menghasilkan barang-barang memperkenalkan dan menawarkan hasil produknya kepada masyarakat melalui periklanan di berbagai media cetak dan elektronik.. Perkembangan dunia periklanan dewasa ini cukup baik, sejalan dengan perkembangan teknologi di bidang komunikasi.

b. Pariwisata
Pemerintah mempromosikan daerah-daerah wisata. Pengembangan wisata didukung dengan berbagai fasilitas seperti hotel atau tempat-tempat istirahat lain. Sehingga dengan promosi tersebut keindahan alam Indonesia terkenal sampai ke luar negeri. Banyak objek wisata yang dikunjungi turis dari dalam negeri dan juga turis manca negara
c. Migrasi
Migrasi merupakan salah penyebab terjadinya perubahan pada masyarakat yang di datangi akibat terpengaruh dengan segala perilaku dari penduduk pendatang. Migrasi disebut juga dengan perpindahan. Penduduk yang melakukan migrasi membawa sikap, perilaku, tradisi dan gaya hidup tempat asalnya ke tempat tujuan perpindahannya.
d. Telekomunikasi
Praktisnya penggunaan telepon merupakan media elektronik yang dapat membantu dalam berkomunikasi. Akibatnya manusia sudah jarang untuk saling berkunjung atau bersilaturahmi dengan teman atau sanak saudara karena lewat telepon segala berita dan pesan bisa disampaikan dengan cepat dan praktis.
PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT AKIBAT ERA GLOBALISASI
Beberapa perubahan perilaku yang terjadi di masyarakat misalnya dalam hal:
1. Makanan
Alat-alat canggih akibat dari kemajuan teknologi mempermudah para pengusaha untuk memproduksi hal-hal baru, misalnya industri-industri makanan menghasilkan jenis-jenis makanan siap saji. Makanan ini tidak perlu di olah atau dimasak lagi. Makanan siap saji sudah untuk dimakan, contohnya makanan yang dikemas dalam kaleng dan roti.
2. Perilaku
Masyarakat kini selalu ingin mendapatkan dan memiliki apa yang mereka lihat dan dengar dari perkembangan-perkembangan di berbagai bidang secara menyeluruh.
3. Gaya Hidup
Penampilan diri masyarakat kini sangat berbeda dengan masyarakat dahulu. Gaya hidup masyarakat berbeda, seperti memakai dasi dengan jasnya, selalu membawa Hand Phone (HP), memakai parfum (minyak wangi) dan suka pergi rekreasi.
4. Pakaian
Pakaian merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Berbagai jenis pakaian sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan masyarakat. Dalam keseharian orang sudah terbiasa untuk berganti-ganti pakaian, ada pakaian tidur, pakaian kantor (kerja), pakaian rumah dan pakaian untuk berpergian.
5. Nilai-nilai komunikasi
Dalam berbicara masyarakat kini selalu menggunakan istilah-istilah dari bahasa asing, bicara hanya seperlunya saja. Nilai-nilai komunikasi yang dilakukan masyarakat saat ini banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai globalisasi, misalnya Perjalanan
Setiap manusia selalu melakukan perjalanan, misalnya perjalanan ke kantor, ke pasar, dan perjalanan lain. dengan kendaraan yang modern dan meninggalkan alat transportasi tradisional.

6. Tradisi
Dahulu, orang yang lebih muda tidak boleh menatap muka orang tua saat berbicara karena dianggap tidak sopan, tetapi di masa sekarang anak-anak harus menatap muka orang tua saat berbicara sebagai tanda memperhatikan pembicaraan orang tua.
Tradisi masyarakat dahulu, anak-anak lebih suka bermain-main di halaman terbuka, sekarang anak-anak lebih senang bermain di rumah dengan aneka permainan seperti sega, game watch dan permainan lain.

SIKAP KITA TERHADAP GLOBALISASI
Proses globalisasi memang akan dan selalu memberikan pengaruh kuat bagi kehidupan kita khususnya para generasi muda. Namun kita selalu berusaha untuk mengambil hal-hal baiknya saja dan meninggalkan pengaruh-pengaruh buruknya.
Pandangan orang tua dan generasi muda (anak) dalam globalisasi jauh berbeda. Kaum muda (anak) dalam perkembangan selalu mengikuti perubahan-perubahan sesuai kondisi perkembangan zaman.
Pandangan anak mengenai globalisasi selalu mendapat tantangan dari orang tua yang tidak siap dengan perubahan yang terjadi. Para orang tua selalu mengikuti apa yang mereka lakukan pada zaman mereka masih kanak-kanan. Anak sekarang sudah tidak dapat menerima keadaan seperti zaman orang tuanya masih kanak-kanak. Misalnya para orang tua selalu berjalan kaki menuju suatu tempat ketika mereka masih kanak-kanak, anak-anak saat ini selalu berpergian menggunakan kendaraan seperti bus ataupun naik angkutan kota.
Para orang tua selalu membandingkan zaman mereka masih anak-anak, sedangkan anak tidak mau ketinggalan dan selalu mengikuti perubahan-perubahan yang ada.

4 komentar:

  1. cukup ilmu untuk yg lgi ngebutuhin bngetz tntang pngertian globalisasi dalam masyarakat sehari-harinya......

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus