Jumat, 14 Agustus 2009

LIPATAN (FOULDING) DAN PATAHAN

LIPATAN ( FOULDING )


• Lipatan merupakan struktur seperti gelombang yang terhasil akibat canggaan perlapisan, foliasi dan permukaan planar yang lain pada skala yang berbagai.
• Lipatan terbentuk di persekitaran canggaan yang berbagai, daripada permukaan kerak bumi yang rapuh hingga ke bahagian dalam bumi yang mulur.
• Lipatan boleh berbentuk secara terbuka dan landai hingga ke sangat ketat dan berlaku secara berasingan atau berkumpulan.

JENIS-JENIS LIPATAN:
1. Lipatan Tegak terjadi karena pengaruh tenaga radial, kekuatan sama atau seimbang dengan tenaga tangensial.
2. Lipatan Miring terjadi karena arah tenaga horizontal tidak sama atau tenaga radial lebih kecil dari pada tenaga tangensial.
3. Lipatan Rebah terjadi karena tenaga horizontal berasal dari satu arah.
4. Lipatan Menggantung terjadi karena hanya tenaga tangensial yang bekerja.
5. Lipatan Berpindah lipatan yang terjadi karena adanya tenaga tangensial yang bekerja.
6. Lipatan Isokinal terjadi karena masuknya lembah lipatan kedalam struktur puncak akibat tidak seimbangnya tenaga tangensial dan radial.

PATAHAN
Patahan, adalah retakan sepanjang blok pada kerak bumi yang pada kedua sisinya bergerak satu dengan yang lainnya dengan arah yang paralel dengan retakan tersebut.
JENIS-JENIS PATAHAN
A. PATAHAN SLENK / GRABEN / TANAH TURUN, yaitu bentuk patahan yang mengalami pemerosotan ke bawah di antara dua bagian yang tinggi atau disebut juga lembahan patahan..
B. PATAHAN HORST / TANAH NAIK, yaitu bentuk patahan yang mengalami kenaikan di antara dua bagian yang rendah, atau disebut juga puncak patahan.
C. DEKSTRAL terjadi jika kita berdiri potongan yang berada di depan kita bergeser ke kanan.
D. SINITRAL, jika kita berdiri di potongan sesar yang satu dan yang lain bergeser ke kiri.
E. BLOCK MOUNTAIN adalah sebuah gunung yang terjadi oleh pecahan dan kumpulan dari batuan-batuan besar yang berasal dari karang.
F. DOME adalah elemen struktural Arsitektur ya yang mirip dengan rongga atas setengah dari asphere. Kubah struktur yang terbuat dari berbagai bahan memiliki panjang garis keturunan memperluas arsitektur menjadi prasejarah.

1 komentar: